Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al-Shabaab Eksekusi 3 Mata-mata CIA dan MI6

Kompas.com - 23/07/2012, 17:26 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Kelompok Al-Shabaab telah mengeksekusi tiga anggotanya karena menjadi "mata-mata" untuk beberapa badan intelijen Barat.

Dua dari orang-orang yang dieksekusi itu dituduh memasang sebuah alat pelacak satelit yang dipasang pada sebuah mobil agen Al Qaeda pada Januari lalu. Gara-gara alat pelacak itu, mobil tersebut diserang dan menewaskan dua orang.

"Tiga terdakwa dinyatakan bersalah menjadi mata-mata... satu orang bekerja untuk badan intelijen Inggris MI6 dan dua lainnya bekerja pada CIA," kata Sheikh Abdalla Al-Haq, hakim ketua Al-Shabaab, Senin (23/7/2012).

Menurut sejumlah saksi, ketiga orang itu, berusia antara 25 dan 30 tahun, dieksekusi satu regu tembak di depan umum di Kota Merka, Minggu (22/7/2012) malam.

"Mereka mengakui semua dakwaan dan hukumannya adalah mati," tegas Al-Haq.

"Salah seorang dari mereka menjerit ketika dijatuhkan dan setelah hakim menjatuhkan vonis, mata ketiga terpidana ditutup dan ditembak," ujar Abidaziz Moalim, seorang saksi.

"Para pejabat Al-Shabaab menggunakan pengeras suara pada mobil-mobil bak terbuka untuk memanggil orang-orang agar berkumpul dan menonton eksekusi itu. Ratusan orang datang menonton," kata saksi lain, Idris Nure.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com