Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim Rohingya Masih Trauma

Kompas.com - 23/07/2012, 16:11 WIB

ZOHARA Khatun masih menderita trauma sejak melihat ayahnya dibunuh di Myanmar barat Juni lalu. "Ayah saya ditembak oleh militer Myanmar di depan saya. Desa kami dihancurkan. Kami berlari menyelamatkan diri. Saya masih tidak tahu apa yang terjadi pada ibu saya," kata dia saat tengah duduk di pondok di sebuah desa nelayan dekat kota Teknaf di tenggara Banglades.

Khatun adalah salah seorang warga muslim Rohingya yang berhasil menyeberang ke Banglades menyusul kerusuhan di Provinsi Rakhine, Myanmar barat.

Perempuan berusia 30 tahun itu beberapa kali menangis ketika menjelaskan apa yang terjadi di perbatasan.

Ia mengatakan desanya diserang saat terjadi bentrokan antara agama setempat, yang sebagian besar berasal dari minoritas Rohingya. Hampir 80 orang tewas dalam pertempuran itu dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh pasukan keamanan Myanmar terus melakukan penangkapan massal dan memaksa muslim Rohingya melarikan diri. Situasi darurat yang ditetapkan bulan lalu masih berlaku di banyak wilayah provinsi tersebut.

Tidak diinginkan

Tidak ada konfirmasi independen mengenai klaim pembunuhan diluar hukum dan tuduhan-tuduhan lain, wartawan tidak diberikan akses ke wilayah itu. Myanmar menyangkal pasukan keamanan mereka bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia.

Sejak bentrokan Juni lalu itu, ribuan pengungsi berusaha memasuki Banglades dengan naik perahu menyusuri sepanjang Tanjung Bengal dan menyeberangi sungai Naf yang memisahkan kedua negara.

"Kami terombang-ambing di perairan selama enam hari. Saya tidak bisa memberi makan anak saya selama berhari-hari," kata Khatun. "Ketika kami mendekati Banglades, kami tidak diizinkan untuk masuk. Kami tidak tahu harus pergi kemana."

Saat ini diperkirakan ada 800.000 muslim Rohingya di Myanmar barat. Pemerintah Myanmar bersikeras Rohingya adalah pendatang dari Banglades.

Tetapi Dhaka mengatakan mereka adalah warga Myanmar, sehingga mereka tidak diizinkan masuk ke Banglades. Dhaka mengatakan sudah ada 400.000 warga Rohingya yang tinggal di Banglades dan sebagian besar dari mereka adalah pendatang ilegal.

Banglades telah menolak 1.500 muslim Rohingya sejak Juni dan mengatakan tidak sanggup menolong mereka. Tetapi ada saja yang berhasil masuk seperti Zohara Khatun. Muslim Rohingya yang baru datang tinggal dengan warga desa Banglades. Mereka takut polisi setempat akan mengirim mereka ke Myanmar jika ketahuan.

Pemerintah Banglades sendiri mengatakan mereka bertekad menghentikan arus pendatang Rohingya.

Letkol Zahid Hasan dari pengawal perbatasan Banglades menunjukkan bagaimana anggota-anggotanya berpatroli di Sungai Naf untuk mencegah warga Rohingya menyusup ke negara mereka.

"Hal ini berdampak langsung pada stabilitas sosial dan juga ekonomi kami. Jika arus pendatang terus terjadi maka masalah stabilitas akan terjadi," kata Letkol Hassan. "Kadang-kadang warga Rohingya terlibat perdagangan obat, perdagangan manusia dan aktivitas-aktivitas anti sosial yang berdampak pada stabilitas sosial di wilayah ini."

Warga Rohingya membantah tuduhan tersebut.

'Kami adalah rakyat Myanmar'

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com