Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton Mengira Penembakan Bagian dari Pertunjukan Batman

Kompas.com - 20/07/2012, 20:23 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Penembakan dilakukan seorang laki-laki ke arah penonton saat pemutaran perdana film terbaru Batman The Dark Knight Rises di Aurora, Colorado, AS, Jumat (20/7/2012) dini hari.

Saksi mata seperti dilansir media lokal KWGN menyatakan, laki-laki yang mengenakan topeng gas dan pelindung badan tiba-tiba berdiri di depan. Ia kemudian melemparkan sebuah tabung yang mengeluarkan asap.

Awalnya, para penonton sempat mengira hal tersebut merupakan bagian dari pertunjukan. Namun, penonton pun kocar-kacir setelah tahu kalau ternyata pelaku mulai menembak ke arah penonton.

"Saya katakan kepada teman saya, 'Kita harus keluar dari sini', tapi lalu dia menembaki orang-orang yang mencoba keluar," kata Jennifer Seager, salah satu penonton, dalam wawancara dengan stasiun televisi NBC

Rekaman video dari sebuah ponsel penonton memperlihatkan bagaimana kepanikan di dalam bioskop. Sejumlah orang berlarian sambil berteriak dengan bercak darah di bajunya.

Tak lama kemudian pelaku berhasil dibekuk aparat keamanan di tempat parkir bioskop. Polisi menyita sebuah senjata laras panjang jenis AK, sebuah senapan, sebuah pistol, dan satu senjata lain yang ditemukan di dalam bioskop.

Polisi memastikan 12 orang tewas dan sedikitnya 50 orang luka-luka dalam insiden tersebut. Di antara korban luka-luka terdapat seorang bayi berumur 3 bulan.

Aurora merupakan wilayah di pinggiran kota Denver. Di SMA Columbine di Denver tahun 1999 pernah terjadi serangan penembakan serupa yang menewaskan 13 orang dan 24 lainnya luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com