Rabu, 3 September 2014

News / Internasional

Morgan Freeman Sumbang Obama Sejuta Dollar AS

Jumat, 20 Juli 2012 | 16:40 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Morgan Freeman menjadi selebriti Hollywood terbaru yang menyumbang kampanye Barack Obama meraih kursi Gedung Putih periode kedua, kata juru bicaranya, Kamis (19/7/2012).

Aktor pemenang Oscar itu memberikan dana bantuan 1 juta dollar AS kepada Priorities USA Action, bagian dari tim kampanye resmi Obama. Freeman juga memuji pencapaian dan keberhasilan Obama dalam menjalankan tugasnya menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat sejak menang pemilihan umum empat tahun lalu.

"Presiden Obama telah melakukan pekerjaan hebat dalam keadaan yang sulit," kata Freeman, seperti dikutip juru bicaranya Stan Rosenfeld. "Dia mengakhiri pertempuran di Irak, meletakan perubahan di Wall Street, menyelamatkan industri otomobil, dan memastikan pelayanan kesehatan bagi setiap warga Amerika Serikat," katanya.

"Dia telah memimpin bangsa kita menjadi lebih toleran dan menempatkan perempuan-perempuan hebat di Mahkamah Agung," tambah Freeman yang menang Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik tahun 2005 untuk perannya dalam film Million Dollar Baby.

Bill Burton, pimpinan Priorities USA Action dan mantan wakil juru bicara Gedung Putih Obama, berterima kasih atas "kemurahan hati" Freeman dalam akun jejaring sosial, Twitter, yang mengaitkannya dengan sejumlah kisah tentang sumbangan terhadap tim kampanye itu. Donor lain untuk Priorities US Action, antara lain, adalah bos Dreamworks Animation Jeffrey Katzenberg, yang menyumbang 2 juta dollar AS tahun lalu dan sutradara Steven Spielberg yang menyumbangkan 100.000 dollar AS, demikian laporan laman opensecrets.org.

Komedian AS Bill Maher pada Febuari mengumumkan bahwa dia telah menyumbang 1 juta dollar AS untuk mendukung super PAC Obama.

Pernyataan Freeman dalam suatu wawancara radio baru-baru ini yang menyebut bahwa Obama bukan presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat telah memancing perdebatan dan kritik. "Presiden berkulit hitam pertama Amerika Serikat belum muncul. Dia bukan presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama. Dia presiden ras campuran pertama Amerika Serikat," katanya kepada Radio Public Nasional. Ayah Obama berkebangsaan Kenya, sedangkan ibunya merupakan wanita kulit putih Amerika Serikat.

Freeman dikenal publik luas melalui sejumlah film box office Hollywood, antara lain, Driving Miss Daisy pada 1989, Invictus pada 2009 ketika ia memerankan Nelson Mandela, dan baru-baru ini film Dark Knight.

Aktor Afro Amerika itu juga pernah berperan sebagai Presiden Amerika Serikat dalam film Deep Impact di tahun 1998. Film itu berkisah tentang perjuangan seorang pemimpin menghentikan komet yang bergerak menuju Bumi.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: