Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Arab, Ramadhan Dimulai Jumat

Kompas.com - 20/07/2012, 09:26 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com — Umat Muslim di sejumlah negara Arab telah mulai menunaikan puasa pada Jumat (20/7/2012), sementara sebagian negara lagi mengumumkan bahwa Ramadhan dimulai Sabtu (21/7/2012).

Sejumlah negara yang telah mengumumkan Jumat sebagai awal Ramadhan 1433 H adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Mesir, Jordania, Tunisia, Sudan, dan Lebanon, demikian laporan IINA. Di antara negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), hanya Oman yang dimulai Sabtu.

India, Pakistan, dan Malaysia, kata IINA, termasuk di antara negara yang mengumumkan bulan suci Ramadhan dimulai pada Sabtu.

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan Ramadhan dimulai Jumat, setelah hilal dilaporkan terlihat pada Kamis malam.

Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Salman bin Abdul Aziz, wakil perdana menteri, dan menteri pertahanan mengucapkan selamat kepada umat Muslim atas kedatangan Ramadhan 1433 H.

Raja Abdullah mengatakan di dalam pesannya, "Kita telah menyambut bulan suci Ramadhan, yang membuat hati dan jiwa kita bergembira. Ini adalah bulan penuh empati, kasih sayang, dan solidaritas. Kitab suci Al Quran diturunkan kepada Rasulullah SAW pada malam penuh berkah selama bulan suci Ramadhan, yang lebih mulia daripada 1.000 bulan. Kita benar-benar gembira menyambut kedatangan bulan penuh berkah ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com