Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan Narkoba AS-Meksiko Ditemukan

Kompas.com - 13/07/2012, 14:12 WIB

Dua terowongan bawah tanah yang dibangun untuk menyelundupkan narkotika ke AS ditemukan di perbatasan dekat Meksiko. Terowongan memiliki desain yang canggih, berjarak lebih dari 200 meter dan memiliki lampu serta ventilasi udara.

Seorang agen AS mengatakan, desain terowongan ini ''bukan sesuatu yang biasa digunakan untuk para petambang biasa''.

Terowongan pertama ditemukan oleh militer Meksiko pada Rabu (11/7/2012) lalu dalam kondisi belum selesai dikerjakan, dan bermula dari sebuah wastafel kamar mandi di sebuah rumah gudang di Tijuana.

Terowongan kedua ditemukan berawal di sebuah pabrik es di kota San Luis Rio Colorado, Meksiko, dan berakhir di sebuah ruang penyimpanan di sebuah rumah di San Luis, Arizona.

Lorong bawah tanah itu memiliki kedalaman 16 meter dan dilapisi dengan kayu lapis.

Sedikit jejak

Agen antinarkotika meyakini terowongan itu sudah tidak beroperasi lagi karena hanya menyisakan sedikit jejak di lantainya.

Agen khusus dari badan antinarkotika AS, DEA, Douglas Coleman, memperkirakan biaya pengerjaan terowongan itu mencapai 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar.

Tiga orang ditangkap dalam pengungkapan terowongan Arizona tersebut.

Penggunaan terowongan untuk menyelundupkan narkotika ke AS mulai berlangsung pada tahun 1990-an, dan semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir di saat otoritas AS memperketat pengawasan aktivitas penyelundupan di darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com