Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pertama AS ke Havana dalam 50 Tahun

Kompas.com - 12/07/2012, 16:30 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Untuk pertama kali dalam 50 tahun terakhir, kapal bermuatan bantuan kemanusiaan meninggalkan Miami menuju Kuba secara langsung, Rabu (11/7/2012).

"Kapal pertama ini, Ana Cecilia, berlayar dengan mengangkut barang kemanusiaan dan kami menjamin bahwa tidak ada yang akan dijual di Kuba," kata juru bicara perusahaan perkapalan Leonardo Sanchez-Adega.

Perusahaan itu, International Port Corp, mengatakan telah memperoleh surat izin khusus dari pihak berwenang AS yang mengikuti aturan embargo perdagangan AS pada Kuba. Juru bicara itu mengatakan bahwa klien-kilennya adalah kelompok keagamaan, amal dan organisasi kemanusiaan, serta anggota keluarga warga Kuba.

Sanchez Adega menambahkan bahwa perusahaannya berencana untuk memberangkatkan kapal setiap Rabu. Kapal-kapal itu akan menempuh perjalanan 17 jam menuju Havana dengan 10 awak kapal yang akan membongkar muatan dan kembali tanpa pernah turun ke darat.

Ana Cecilia bisa membawa sampai 16 kontainer dan perusahaan itu mengenakan biaya angkut sebesar 5,99 dolar AS setiap pond atau 13 dolar AS setiap kilogram.

Perusahaan pelayaran lain di Florida juga melayani rute ke Kuba namun melalui negara ketiga. Menurut Sanchez Adega perusahaannya adalah yang pertama menawarkan jasa layanan langsung dari Miami ke Havana setiap pekan.

Embargo AS pada Kuba diberlakukan di era Presiden AS John F. Kennedy pada 1962 - yang bertujuan menjatuhkan rezim Fidel Castro. Lebih dari lima dasawarsa kemudian, rezim itu tetap bertahan dan kini berada dibawah kepemimpinan Presiden Raul Castro. Embargo AS itu mendapat kecaman keras dari mayoritas anggota Majelis Umum PBB setiap tahun sejak 1992.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com