Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Ayam Lawan Belalang. Siapa yang Menang?

Kompas.com - 06/07/2012, 20:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Gansu, barat daya China punya cara unik untuk mengusir hama belalang di kawasan padang rumput provinsi itu. Alih-alih menggunakan insektisida, pemerintah malah mengerahkan sekitar 100 ribuan ayam untuk membasmi serangga-serangga itu.

Menurut warta Xinhua pada Jumat (6/7/2012), ayam-ayam itu disebar di sembilan kota dan desa di provinsi itu. Kawasan wilayah yang berbatasan dengan Tibet yakni Xiahe dan Tianzhu juga tak luput dari "serbuan" ayam tersebut.

Menurut otoritas pertanian dan benih tanaman setempat, pihaknya memang sempat menabur insektisida di kawasan padan rumput seluas 1,33 juta hektare. Tapi, hasilnya nihil. "Belalang menjadi kebal insektisida lantaran perubahan iklim," kata Wakil Ketua Lembaga Pertanian dan Benih Liu Zhimin.

Maka dari itu, pihaknya mencoba membasmi hama tersebut dengan predator alami sekitar dua tahun silam di kawasan Sunan. "Waktu itu kami mengerahkan sekitar 1.000 ekor ayam," kenang Zhimin.

Kemudian, sistem ini berkembang dengan rencana pemeliharaan ayam tiap keluarga di kawasan itu. Hasilnya, sekitar 10.000 ekor ayam sukses membasmi belalang di kawasan padang rumput seluas 6.667 hektare. "Program itu bisa menambah penghasilan tiap keluarga sekitar 30.000 yuan (4.713 dollar AS)," imbuhnya.

Selanjutnya, pada 2011, sudah ada 85.000 ekor ayam yang menjaga kawasan padang rumput di 10 wilayah selatan Provinsi Gansu. Gerakan itu bisa mendongkrak keuntungan perekonomian lokal di posisi 6 juta yuan.

Sampai kini, Provinsi Gansu memiliki sekitar 18 juta hektare kawasan padang rumput. Dari jumlah itu, 40 persennya berada di perbatasan dengan Tibet.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com