Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Ancam Serang Truk NATO

Kompas.com - 04/07/2012, 08:28 WIB

MIRANSHAH, KOMPAS.com - Taliban Pakistan mengancam akan menyerang truk-truk suplai NATO dan membunuh pengemudinya jika mereka kembali mengirim suplai untuk pasukan NATO di Afganistan, seorang juru bicaranya mengatakan, Selasa (3/7/2012).

Juru bicara Taliban Pakistan Ehsanullah Ehsan mengatakan pada AFP bahwa Taliban "tidak akan membiarkan satu truk pun lewat dan akan menyerangnya,". Pernyataan itu dikeluarkan beberapa jam setelah pemerintah Pakistan mengumumkan bahwa jalur suplai itu akan dibuka kembali.

"Kami tidak hanya akan menyerang truk suplai, tapi juga akan membunuh pengemudinya," tegas Ehsan.

Sebelumnya, pemerintah Pakistan membenarkan pembukaan kembali jalur suplai NATO dari Pakistan ke Afganistan yang tertutup selama tujuh bulan. Penutupan itu dipicu insiden serangan udara pasukan NATO yang menewaskan 24 tentara Pakistan di perbatasan.

Sebelum penutupan itu, Taliban di Pakistan melancarkan puluhan serangan, dan mengganggu pengiriman suplai untuk 130.000 tentara NATO pimpinan Amerika Serikat di Afganistan. Mereka berulang kali mengeluarkan ancaman jika Pakistan membuka kembali jalur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com