Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Nicolas Sarkozy Digeledah

Kompas.com - 04/07/2012, 06:22 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Kepolisian Perancis menggeledah kantor dan rumah Nicolas Sarkozy, Selasa (3/7/2012), sebagai bagian dari penyelidikan dugaan bahwa mantan presiden itu terlibat dalam kegiatan pendanaan ilegal kampanye politik, kata pengacaranya.

Pengadilan tengah menyelidiki tuduhan bahwa star untuk Liliane Bettencourt, pewaris kerajaan kosmetik L'Oreal dan perempuan terkaya Perancis, menyerahkan sejumlah amplop berisi uang kepada para ajudan Sarkozy untuk mendanai kampanyenya pada 2007.

Sekitar 10 polisi mendampingi jaksa penyelidik Jean-Michel Gentil dalam penggeledahan di rumah dari kantor yang baru disewa Sarkozy di Paris. Pengacara Sarkozy, Thierry Herzog, mengatakan, Sarkozy saat ini berada di Kanada bersama keluarga.

Situs web surat kabar Le Monde mengatakan, para penyelidik juga menggeledah kantor-kantor pengacara tempat Sarkozy bekerja.

Sarkozy, yang membantah melakukan kesalahan dan kekebalan kepresidenannya berakhir bulan lalu, menyerahkan catatan hariannya kepada jaksa penyelidik untuk mementahkan keterangan para saksi yang menyebut dia menghadiri pertemuan di rumah Bettencourt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com