Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung Kembali Mewabah di China

Kompas.com - 03/07/2012, 22:29 WIB
Marisa K Wardani

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Flu burung kembali mewabah di China. Wabah flu burung kembali merebak di China sejak 20 Juni 2012. Namun, informasi mengenai merebaknya virus ini terlambat disampaikan sehingga sempat meluas.

"Wabah terjadi pada 20 Juni, tapi baru dikonfirmasi sebagai flu burung H5N1 pada hari Senin,” kata Kementerian Pertanian China seperti dilansir AFP.

Pihak berwenang mengatakan, saat ini lebih dari 150.000 ayam yang diduga berpotensi terjangkit flu burung telah dimusnahkan.

Menyebarnya virus H5N1 awalnya hanya menewaskan 1.600 ekor, tetapi sekarang sudah ada sekitar 5.500 ayam yang terjangkit virus tersebut.

Pemerintah China tidak menentukan secara spesifik di mana wabah terjadi. Mereka hanya memberi informasi, wabah itu terjadi di sebuah peternakan yang dijalankan perusahaan konstruksi di  Xinjiang.

China dianggap sebagai salah satu negara yang paling berisiko epidemi flu burung karena memiliki populasi unggas terbesar di dunia.

Terakhir, dilaporkan wabah terjadi pada April. Saat itu, sekitar 95.000 ayam tewas di wilayah utara Ningxia. Kali ini, virus tersebut meluas di Xinjiang, wilayah luas yang berbatasan dengan Asia Tengah dan rumah bagi etnis Uighur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com