Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden bagi Rakyat Mesir

Kompas.com - 26/06/2012, 02:43 WIB

Kairo, Kompas - Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi berjanji akan menjadi presiden bagi semua orang Mesir. Dia juga menjamin akan menjaga hubungan, kesepakatan, serta semua dokumen yang ditandatangani Pemerintah Mesir sebelum ini.

Hal itu disampaikan Mursi dalam pidato kemenangannya yang disiarkan televisi pemerintah, Minggu (24/6) malam. Janji Mursi itu disambut positif di dalam dan luar negeri.

Sehari kemudian, tokoh Ikhwanul Muslimin ini diberitakan menemui mantan Direktur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Mohamed el Baradei, yang kemungkinan menjabat perdana menteri.

Wartawan Kompas Musthafa Abd Rahman dari Kairo melaporkan, situasi ibu kota kembali normal setelah sehari sebelumnya lengang karena perkantoran serta toko-toko tutup sebelum pukul 15.00. Warga khawatir terjadi kerusuhan massal jika Mursi dinyatakan kalah oleh KPU. Adapun warga di sejumlah kota terus merayakan kemenangan Mursi.

Koordinator kampanye Mursi, Ahmed Abdul al Ati, mengatakan, Mursi telah mengundurkan diri dari jabatan Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) serta organisasi Ikhwanul Muslimin untuk menjalankan tugasnya sebagai presiden bagi semua rakyat Mesir.

Dalam pidatonya, Mursi mengatakan, Mesir akan menjaga hubungan seimbang dengan semua negara di muka bumi berdasarkan kepentingan bersama, manfaat yang adil, dan keseimbangan semua pihak. Mesir tidak akan ikut campur urusan dalam negeri negara lain dan tak mengizinkan negara lain ikut campur urusan dalam negeri Mesir.

Ia berjanji membangun Mesir yang demokratis, sipil, konstitusional, dan modern. ”Tak akan ada balas dendam kepada siapa pun, baik anggota militer, polisi, maupun warga Mesir,” ujarnya.

Mursi berjanji akan menegakkan hukum serta memuji institusi militer, kepolisian, dan lembaga yudikatif atas perannya yang terhormat dalam revolusi Mesir. Mursi juga mengakui tantangan besar yang dihadapi pemerintah. Ia meminta semua elemen masyarakat bekerja sama mengembalikan kekuatan Mesir sebagai pemimpin di dunia Arab.

Selamat

Presiden Amerika Serikat Barack Obama langsung menelepon Mursi untuk menyampaikan selamat setelah terpilih sebagai presiden. Obama berjanji akan membantu peralihan Mesir menuju era demokrasi dan bekerja sama dengan dasar saling menghormati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com