Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Terpilih Mesir Serukan Persatuan Bangsa

Kompas.com - 25/06/2012, 10:55 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin menyerukan persatuan nasional di Mesir menyusul kemenangannya dalam pemilihan presiden di negara itu.

Mursi yang merupakan pemimpin pertama di Mesir yang terpilih secara demokratis mengatakan ia akan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Mesir. Ia memenangi 51.73 persen suara dalam pilpres minggu lalu, mengalahkan Perdana Menteri Ahmed Shafiq.

Para pemimpin dunia telah menyampaikan ucapan selamat mereka pada Mursi. Gedung Putih mendesak Mesir untuk menjadi "pilar perdamaian regional."

Hari-hari penuh ketegangan menuju pengumuman hasil pemilu setelah dewan militer Mesir memberikan kekuasaan penuh pada badan politik itu.

Saat pemenang diumumkan puluhan ribu pendukung Ikhwanul Muslimin yang berkumpul di Lapangan Tahrir untuk melakukan renungan pecah dalam kegembiraan. "Tumbangkan kekuasaan militer" menjadi yel-yel mereka ditengah sorak sorai dan semarak kembang api.

Perayaan berlangsung sepanjang malam.

Persatuan nasional

Dalam pidato televisi, Mursi menyampaikan penghormatan pada para demonstran yang meninggal dunia dalam revolusi untuk menjungkalkan Presiden Hosni Mubarak. Ia mengatakan tanpa "darah para martir" ia tidak akan terpilih.

Revolusi terus berlangsung, hingga tujuan demokrasi tercapai dan bersama kita akan menyelesaikan perjuangan ini. Rakyat telah menunggu cukup lama," kata dia. "Saya menyerukan pada anda, rakyat Mesir... untuk memperkuat persatuan nasional. "Hari ini saya adalah presiden bagi seluruh rakyat Mesir, dimana pun mereka berada."

Mursi berjanji bahwa kepemimpinannya akan inklusif dan merangkul pemilih sekuler serta Kristen. Penguasa militer Mesir, Marsekal Hussein Tantawi adalah salah satu politisi yang pertama mengucapkan selamat pada Mursi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com