Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Kini Telah Lewat

Kompas.com - 23/06/2012, 03:46 WIB

Warsawa, Jumat - Pada Piala Eropa 1996, Ceko menyihir dunia dengan penampilan yang memukau. Dengan keseimbangan kekuatan pemain di setiap lini, Ceko ibarat gerbong kereta cepat. Menabrak semua lawan, sampai melaju ke final sebelum berhenti membentur tembok Jerman.

Meski tidak juara, Ceko tetap banjir pujian. Pasca-Piala Eropa, para pemainnya laku keras di bursa transfer menjadi incaran klub-klub raksasa Eropa.

Keseimbangan permainan menjadi kunci keberhasilan Ceko ketika itu. Mereka punya pemain berkarakter seperti Vladimir Smicer, Patrick Berger, Pavel Nedved, dan Karel Poborsky.

Poborsky bahkan menjadi ikon Ceko setelah membuat gol brilian ke gawang Portugal pada babak perempat final. Menggiring bola sendirian, Poborsky lalu melepas tendangan lob yang bolanya melewati kiper Vitor Baia. Gol tersebut kemudian menjadi trade mark pria berambut keriwil-keriwil itu.

Namun, Kamis (21/6) atau 16 tahun setelah kenangan manis itu, ceritanya menjadi terbalik. Ceko yang kembali bertemu Portugal takluk 0-1 lewat sundulan pemain termahal dunia, Cristiano Ronaldo.

Hal yang mengecewakan, malam itu Ceko tidak menunjukkan permainan yang mengesankan. Mereka bermain pragmatis, lebih bertahan dan hanya menunggu kesempatan matang untuk menyerang. Predikat kereta cepat sepertinya sudah lewat.

Ceko tidak memiliki keseimbangan yang kuat seperti era 1996. Absennya pemain berkarakter, seperti Tomas Rosicky, memberi pengaruh besar. Tanpa Rosicky, irama permainan Ceko tidak terkoordinasi rapi.

Di lini belakang, Ceko masih punya sosok berkarisma pada diri penjaga gawang Petr Cech. Namun, nama besar Cech gagal membendung gedoran permainan Portugal yang bergerak cepat yang dimotori Ronaldo.

Lini depan Ceko yang dipercayakan kepada Milan Baros juga tumpul. Tidak menunjukkan kinerja yang signifikan karena minimnya suplai bola. Secara keseluruhan, Ceko pantas kalah dari Portugal yang berani bermain terbuka.

”Tentu kami kecewa karena kami kalah. Namun, saya ingin berterima kasih kepada para pemain saya untuk performa mereka,” kata Pelatih Ceko, Michal Bilek.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com