Senin, 24 November 2014

News / Internasional

Tabrak 2 Mobil, Menteri AS Diselidiki

Selasa, 12 Juni 2012 | 11:30 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Amerika Serikat John Bryson harus berurusan dengan polisi setelah terlibat kecelakaan lalu lintas di Los Angeles akhir pekan lalu, seperti dilansir Los Angeles Times, Senin (11/6/2012).

Bryson yang mengendarai Lexus menabrak sebuah mobil dari belakang di perlintasan kereta api pada Sabtu (9/6/2012) sore, menurut polisi setempat. Dia kemudian keluar dari mobilnya dan berbicara dengan ketiga orang di dalam Buick itu, sebelum masuk kembali ke mobilnya.

Saat hendak meninggalkan tempat itu, Bryson kembali menabrak mobil tersebut. Orang-orang itu kemudian mengikuti mobil Bryson dan menghubungi nomor darurat 911 untuk minta bantuan polisi.

Insiden tidak berhenti di situ. Bryson yang melanjutkan perjalanan kembali menabrak sebuah mobil lain dekat sebuah perempatan. Tidak lama setelah kejadian itu, Bryson ditemukan sendirian di belakang kemudi mobilnya dalam keadaan tidak sadar. Setelah mendapat pertolongan pertama, Menteri Perdagangan itu dibawa ke rumah sakit.

Dalam insiden itu Bryson dikenai pasal tabrak lari, meskipun tidak ditahan karena langsung dibawa ke rumah sakit. Menurut polisi, tidak ada tanda-tanda Bryson dalam pengaruh obat-obatan atau minuman keras.

Juru bicara Departemen Perdagangan membenarkan kejadian itu. "Menteri Bryson terlibat dalam kecelakaan lalulintas di Los Angeles akhir pekan kemarin. Dia mengalami kejang-kejang. Penyelidikan masih berlangsung," begitu pernyataan Departemen Perdagangan AS.

Pada Senin (12/6/2012), Gedung Putih mengumumkan bahwa Bryson mengajukan cuti dengan alasan kesehatan. Juru bicara Presiden Barack Obama Jay Carney mengatakan Bryson akan menjalani "pemeriksaan dan evaluasi kesehatan".

Sebelumnya, dalam wawancara dengan televisi di Iowa, Obama mengungkapkan harapannya bahwa menterinya itu dalam kondisi sehat. "Kami masih mencari tahu (yang terjadi), sepertinya itu terkait masalah kesehatan, tapi kami akan memastikan dia mendapat perawatan yagn terbaik," kata Obama, seperti dikutip AFP.

Di negara bagian California, hukuman bagi kejahatan tabrak lari adalah hukuman penjara atau denda hingga 10.000 dollar AS. Hukuman lebih berat dijatuhkan bila kecelakaan itu menyebabkan kematian atau cedera berat.

Tidak jelas apakah kejang yang dialami Bryson menjadi penyebab atau dampak dari kecelakaan tersebut, menurut The Washington Post. Bryson tidak akan dituntut secara hukum bila kecelakaan itu disebabkan oleh masalah medis.

Namun dia terancam kehilangan surat izin mengemudi sampai ada keterangan dari dokter bahwa yang bersangkutan sudah mendapat perawatan dan masalah kesehatannya sudah teratasi, menurut peraturan Badan Nasional Keselamatan Transportasi Jalan Raya AS.


Editor : Kistyarini
Sumber: