Jumat, 28 November 2014

News / Internasional

Politisi Main Pukul, Warga Yunani Protes

Sabtu, 9 Juni 2012 | 16:05 WIB

Ribuan warga Yunani melakukan unjuk rasa menentang Partai Fajar Emas (Golden Dawn) setelah salah seorang kader partai kanan itu menyerang seorang perempuan dalam sebuah acara debat politik di televisi.

Pada Kamis (7/6/2012) lalu, seorang anggota parlemen Partai Golden Dawn, Ilias Kasidiaris tertangkap kamera tengah memukuli politisi sayap kiri Rena Dourou dalam sebuah siaran langsung televisi.

Kasidiaris nampaknya terprovokasi setelah Rena anggota partai Syriza yang berhaluan kiri itu menyebut Kasidairis terlibat dalam sebuah perampokan bersenjata pada 2007 lalu.

Selanjutnya, Kasidiaris melompat dan melempar sebuah gelas berisi air ke arah Rena yang duduk berseberangan dengannya.

Adegan di stasiusn televisi swasta Antenna itu kemudian diunggah seseorang ke situs YouTube.

Dan ketika politisi perempuan dari Partai Komunis Yunani (KKE) Liana Kanelli melemparkan sebuah koran ke arah Kasidiaris, laki-laki itu langsung menampar wajah Kanelli sebanyak tiga kali.

Terprovokasi


Saat diwawancarai televisi di sebuah lokasi yang dirahasiakan, Kasidiaris mengatakan dirinya terprovokasi tindakan Kanelli.

"Dia (Kanelli) mengangkat tangannya dan memukul saya terlebih dulu. Karena saya memiliki harga diri, maka saya harus membela diri. Polisi seharusnya menangkap dia," katanya kepada stasiun televisi Star seperti dikutip Reuters.

Pemerintah Yunani dan partai-partai politik lain mengecam dan mengutuk aksi ugal-ugalan Kasidiaris itu.

"Pemerintah mengutuk serangan yang dilakukan Ilias Kasidiaris terhadap Liana Kanelli dan Rena Dourou," kata juru bicara pemerintah Dimitris Tsiodras.

"Serangan ini adalah serangan terhadap setiap warga negara demokratis," tambah Tsiodras.

Sementara itu, kejaksaan telah mengeluarkan surat perintah penahanan untuk Kasidiaris yang hingga kini masih buron sejak meninggalkan studio televisi itu.

Dalam pemungutan suara bulan lalu, partai Golden Dawn membuat kejutan dengan meraih 21 kursi dari 300 kursi di parlemen Yunani.

Partai ini memiliki visi antiimigrasi dan bahkan mengusulkan penanaman ranjau darat sepanjang perbatasan Yunani untuk mencegah masuknya imigran

Berbagai tudingan serangan terhadap imigran di Athena tertuju ke arah partai ini. Namun sejauh ini, semua tudingan masih bisa ditepis.


Editor : Kistyarini
Sumber: