Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembantaian Baru di Suriah, 86 Tewas

Kompas.com - 07/06/2012, 10:05 WIB

KOMPAS.com — Para aktivis kemanusiaan di Suriah mengklaim, tragedi pembantaian kembali terjadi di negeri itu, kali ini terjadi di Desa Qubair dan Maarzaf, Provinsi Hama.

Di kedua desa ini, para aktivis menyebutkan, 20 anak-anak dan 20 perempuan berada di antara 86 korban tewas, 35 orang di antaranya berasal dari satu keluarga.

Kedua desa yang terletak 20 km dari kota Hama, masih menurut para aktivis, dihujani bom oleh pasukan pemerintah yang menggunakan tank sepanjang Rabu (6/6/2012) malam waktu setempat.

Namun, sebagian besar pembunuhan di Qubair diduga dilakukan Shabiha, kelompok milisi propemerintah yang datang dari desa tetangga pendukung pemerintah.

Anggota milisi ini menembak korban dari jarak dekat dan menikam sebagian korban, termasuk perempuan dan anak-anak berusia di bawah dua tahun.

Milisi lalu memasukkan sejumlah jenazah ke rumah-rumah yang kemudian dibakar. Shabiha juga membawa pergi beberapa orang.

"Mereka mengeksekusi hampir semua orang di desa itu. Hanya sedikit yang bisa kabur. Sebagian besar dibantai menggunakan pisau dengan cara yang sangat buruk," kata seorang aktivis di Hama kepada BBC.

"Warga yang selamat tak mampu menyelamatkan korban luka karena mereka sangat miskin. Mereka adalah orang Badui yang tak memiliki fasilitas kesehatan," ujar dia.

"Sejumlah kecil warga yang berhasil kabur adalah mereka yang bisa menceritakan kepada dunia tentang kejahatan mengerikan itu," tutur sang aktivis.

Aktivis lainnya, Musab al Hammadi, kepada BBC mengatakan, pemerintahan Assad tengah memainkan kartu terakhirnya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com