Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh, 153 Penumpang Dikabarkan Tewas

Kompas.com - 04/06/2012, 03:16 WIB

LAGOS, KOMPAS.com — Setidaknya 153 orang dilaporkan tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh ke daerah hunian kota Lagos, Nigeria, pada hari Minggu (3/6/2012).

Asap tebal membubung dari bangunan yang tertabrak pesawat di daerah dekat bandara Lagos. Menurut beberapa saksi mata, pesawat terlihat terbang rendah sebelum jatuh dengan suara keras di daerah perumahan padat.

Beberapa penduduk mengatakan, setelah jatuh, pesawat yang diidentifikasi milik Dana Airlines Nigeria tersebut hancur berkeping-keping dan menimbulkan api dan asap di antara perumahan.

Puing-puing pesawat berserakan di antara perumahan yang terbakar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut.

Ratusan warga berbondong-bondong menuju lokasi kecelakaan untuk melihat apa yang terjadi. "Pesawat tersebut milik Dana (maskapai penerbangan) dari (ibu kota) Abuja ke Lagos yang diperkirakan membawa sekitar 153 penumpang," kata kepala penerbangan sipil, Harold Demuren.

Diperkirakan tidak ada satu pun penumpang yang selamat dari kecelakaan mengerikan tersebut. "Saya tidak yakin ada penumpang yang berhasil selamat," kata juru bicara Kepolisian Negara Lagos, Joseph Jaiyeoba.

Pesawat jatuh di wilayah Iju, pinggir kota Lagos yang padat penduduk. "Pesawat terbang rendah. Lima menit kemudian terdengar ledakan keras. Api dan asap membubung tinggi dari reruntuhan pesawat yang jatuh di perumahan penduduk," kata Tunji Dawodu, yang saat itu baru keluar dari gereja pada pukul 15.30 waktu setempat.

Sementara juru bicara maskapai penerbangan Dana, yang dianggap paling aman di Nigeria, hanya memberi konfirmasi bahwa salah satu pesawat miliknya telah mengalami kecelakaan. "Kami mengonfirmasi bahwa salah satu pesawat kami jatuh hari ini di pinggiran Lagos," kata Tony Usidamen kepada AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com