Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pendarat Rusia Ikut Latihan NATO

Kompas.com - 01/06/2012, 11:07 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Angkatan Laut Rusia, Kamis (31/0/2012), mengirim kapal pendarat amfibi Kaliningrad ke Laut Baltik untuk bergabung dalam latihan militer bersama negara-negara NATO selama dua pekan ke depan.

Demikian diungkapkan Dinas Pers Distrik Militer Barat Rusia. Kapal itu meninggalkan pangkalan Armada Laut Baltik Rusia di Kaliningrad dan akan bergabung dengan lebih dari 20 kapal perang dan sekitar 20 pesawat militer NATO dalam latihan BALTOPS 2012 yang akan berlangsung 1-16 Juni ini.

Kapal yang mampu membawa 500 ton kargo, 13 tank tempur utama, dan lebih dari 200 prajurit infanteri tersebut akan menjalani berbagai latihan dengan NATO, mulai dari latihan perang antikapal selam, misi penyelamatan di laut, dan misi kontraterorisme.

BALTOPS adalah latihan militer tahunan yang digelar di Laut Baltik secara rutin sejak tahun 1971. Armada Baltik Rusia sudah bergabung dengan latihan tersebut sebanyak 19 kali.

Kaliningrad adalah salah satu kapal peninggalan era Uni Soviet, yang pertama kali dioperasikan pada Desember 1984. Kapal dengan ukuran panjang 112,5 meter dan lebar 15,01 meter itu pernah menjalankan berbagai operasi latihan di Laut Baltik, Laut Tengah, Laut Utara, dan Samudra Atlantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com