Rabu, 3 September 2014

News / Travel

"Madu Opium", Oleh-oleh Unik dari Phuket

Kamis, 31 Mei 2012 | 21:08 WIB

PHUKET, KOMPAS.com — Tanaman opium lebih dikenal dengan salah satu hasil pengolahannya, yakni obat bius. Namun, di tangan peternak lebah, tanaman opium menghasilkan madu berkualitas tinggi.

Itulah produk yang menjadi kebanggan SK Honey Bee Product, perusahaan milik Thailand yang khusus memproduksi madu dari bunga tanaman opium. Lokasinya pun di daerah segi tiga emas yang tersohor sebagai daerah penghasil opium.

"Kami diminta untuk mengolah manfaat bunga opium selain anestetiknya," kata penjual madu opium yang kebetulan berdarah campuran Indonesia, Dodo Rusyamsi, Kamis (31/5/2012), di Phuket, Thailand.

Dia menerangkan, khasiat madu yang dihasilkan dari tanaman opium jauh lebih baik daripada madu yang dihasilkan dari tanaman kelengkeng atau rambutan seperti biasa ditemui di pasaran.

Bukan karena nama opium lantas madu ini berefek bius, tetapi dari kualitas dan khasiatnya. Selain itu, ekstrak madu atau royal jelly bisa dihasilkan dari tanaman opium.

Produk olahan yang sudah dipasarkan di tempat ini adalah madu botolan, air madu, cuka madu, serta royal jelly dari berbentuk pasta atau kapsul yang diminum sehari sekali. Ada pula produk herbal seperti bee venom balsam.

Setiap kali wisatawan datang, mereka langsung digiring untuk masuk ke ruangan dan di sana langsung diterangkan mengenai manfaat sekaligus produk yang dijual.


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Tri Wahono