Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Uji Coba Rudal Berkemampuan Nuklir

Kompas.com - 29/05/2012, 14:43 WIB

ISLAMABD, KOMPAS.com - Pakistan, Selasa (29/5/2012), mengatakan, pihaknya telah berhasil melakukan uji tembak peluru kendali balistik jarak pendek berkemampuan nuklir.

Peluru kendali tersebut adalah Hatf IX yang memiliki jangkauan 60 kilometer dan dapat membawa hulu ledak konvensional, kata pihak  militer. "Ini adalah sistem tanggap cepat untuk memenuhi kebutuhan mencegah ancaman yang berkembang, khususnya pada rentang lebih pendek," katanya dalam satu pernyataan.

Itu adalah ketiga kalinya Pakistan melakukan uji tembak peluru kendali balistik sejak pesaing sengitnya, India, bulan lalu meluncurkan peluru kendali jarak jauh Agni V, yang mampu memukul sasaran mana pun di China.

India dan Pakistan, yang terlibat tiga perang sejak kemerdekaan dari Inggris tahun 1947, telah secara rutin melakukan uji coba peluru kendali sejak keduanya menunjukkan kemampuan senjata nuklir pada 1998.

Para analis pertahanan mengatakan, prioritas strategis India sedang menjauhi Pakistan dan lebih fokus kepada China, sementara Pakistan masih khawatir terhadap tetangga di timurnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com