Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanian Eratkan Kamboja dan Guinea

Kompas.com - 26/05/2012, 20:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kerja sama pertanian mempererat hubungan Kamboja dengan Guinea. Menurut warta Xinhua-OANA, kedua negara, kemarin, meneken perjanjian kerja sama persahabatan di Phnom Penh. Bidang pertanian memang termaktub di situ.

Kesepakatan itu ditandatangani antara  Wakil Perdana Menteri Kamboja dan Menteri Luar Negeri Hor Namhong dan Menteri  Kerja sama Internasional Guinea Koutoubou Moustapha Sano di bawah pimpinan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Presiden Alpha Conde dari Guinea di Istana Perdamaian. Perjanjian tersebut dibuat setelah pertemuan bilateral antara Hun Sen dan Conde.
   
Dalam pertemuan tersebut, Conde mengatakan bahwa kunjungannya ke Kamboja bertujuan untuk menjembatani kerja sama dengan Kamboja di bidang pertanian. Ia pun meminta Kamboja untuk mengirim ahli pertanian ke Guinea untuk membantu dalam teknik pertanian.
   
Juga, katanya, Guinea bersedia membeli sekitar 40.000 ton beras giling tahun dari Kamboja dalam waktu dekat.
   
Hun Sen menyatakan selamat datang kepada rencana pembelian beras dan menyarankan pejabat Guinea untuk bekerja dengan Departemen Pertanian dan Perdagangan dan Kamboja beras pabrik dan eksportir. Dia juga berjanji untuk mengirim ahli pertanian ke Guinea sesegera mungkin.
   
Guinea kaya akan sumber daya alam dan merupakan eksportir terbesar di dunia bauksit bijih aluminium. Namun demikian, negara ini masih miskin karena tata pemerintahan yang buruk.

    
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com