Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Berakhir Buntu

Kompas.com - 25/05/2012, 04:55 WIB

baghdad, kamis - Pertemuan untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran di Baghdad, Irak, molor hingga Kamis (24/5), setelah gagal mencapai kesepahaman pada hari Rabu. Diwarnai perdebatan sengit dan tajam, sesi tambahan di luar jadwal ini pun berakhir buntu dan memicu ketegangan baru. Iran tetap menolak pembatasan program nuklirnya.

Pertemuan P5+1 (AS, Inggris, Perancis, China, Rusia, dan Jerman) dengan Iran pada hari Rabu bertujuan menekan Teheran agar tidak melanjutkan program nuklirnya. Fokusnya adalah penghentian pengayaan uranium yang berpusat di Fordo, wilayah Qom.

Mereka menawarkan, jika Teheran menghentikan pengayaan uranium, yang dikhawatirkan mereka bisa digunakan untuk membuat senjata nuklir, sanksi baru tak akan dijatuhkan dan sanksi yang sudah diberikan akan dikurangi bertahap.

Enam negara kekuatan utama dunia itu juga berjanji akan memberi bantuan isotop medis, kerja sama keselamatan nuklir, dan suku cadang pesawat-pesawat sipil Iran jika Iran menghentikan proses pengayaan uraniumnya. Iran selama ini menegaskan program nuklirnya bertujuan damai, antara lain untuk memproduksi isotop guna keperluan medis.

Iran menolak tawaran yang dianggap tak seimbang itu. ”Menghentikan tingkat pengayaan (uranium hingga berkadar) 20 persen untuk ditukar suku cadang pesawat adalah lelucon. Paket (tawaran) itu tak seimbang dan oleh sebab itu tak bisa diterima,” tutur pengamat dari Iran, Hassan Abedini.

Tidak tercapainya kesepakatan dalam pertemuan itu mendorong sesi pertemuan tambahan yang tidak dijadwalkan sebelumnya pada Kamis pagi.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Catherine Aston sempat mengadakan pertemuan tertutup dengan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran Saeed Jaili sebelum rapat Kamis. Juru bicara Ashton, Mike Mann, mengatakan, pertemuan berjalan alot, tetapi menghasilkan ”beberapa kemajuan”.

Perselisihan pandangan

Pertemuan Kamis pagi diwarnai banyak pertentangan, perdebatan, dan perselisihan pandangan. ”Saya yakin ini baru tahap awal negosiasi,” kata seorang pejabat senior AS.

Proses negosiasi berlangsung di bawah bayangan gejolak pasar minyak global, dan dipantau terus oleh musuh bebuyutan Iran, Israel, yang sudah mengancam akan menggelar operasi militer untuk menghentikan paksa program nuklir Iran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com