Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andi Alisjahbana: Sudahlah, Gak Usah Diangkat

Kompas.com - 24/05/2012, 14:24 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Andi Alisjahbana, Direktur Aerostructure PT Dirgantara Indonesia, seharusnya menjadi penumpang dalam joy flight Sukhoi SSJ-100 yang naas di Gunung Salak. Namun, ia terlambat naik ke pesawat karena harus menghadiri rapat di Kementerian Perhubungan.

Sedangkan anak buahnya, Kepala Divisi Bisnis Integrasi, Kornel Mandagi Sihombing, tetap naik pesawat itu dan menjadi salah satu korban. Kornel dimakamkan hari ini.

Saat ditanya wartawan mengenai kisahnya lolos dari maut, Andi tak bersedia bercerita. Ia meminta agar hal seperti itu tidak diangkat. Dia juga tidak menganggap dirinya beruntung dan Kornel sebaliknya karena naik pesawat.

"Tuhan tidak mungkin salah," kata Andi saat ditemui di pemakaman Kornel, Kamis (24/5/2012).

Dia balik meminta agar fokus pemberitaan tidak melulu membicarakan orang yang beruntung karena urung naik pesawat. Sebaliknya, harus disadari bahwa musibah tersebut merenggut komunitas penerbangan nasional.

Andi menerangkan, selain Kornel dari industri dirgantara, turut naik pula empat pilot senior dari maskapai berbeda. Musibah tersebut merenggut mereka dalam sekejap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com