Pembicaraan Nuklir Iran Dimulai Lagi - Kompas.com

Pembicaraan Nuklir Iran Dimulai Lagi

Josephus Primus
Kompas.com - 23/05/2012, 18:36 WIB

KOMPAS.com - Iran dan kelompok P5+1 memulai kembali pembicaraan menyangkut program nuklir Iran di Baghdad, ibu kota Irak, pada Rabu (23/5/2012). Menurut warta AP dan AFP, P5+1 beranggotakan Amerika Serikat (AS), Inggris, Perancis, Rusia, China, dan Jerman.

Pembicaraan itu terselenggaran di salah satu bagian istana kepresidenan Irak. Kawasan itu dilindungi amat ketat oleh kekuatan bersenjata Irak lantaran berisi kantor-kantor pemerintahan Irak dan kedutaan-kedutaan besar negara-negara sahabat.

Sebelumnya, pembicaraan itu dilangsungkan di Istanbul, Turki pada April 2012. Pertemuan di Baghdad adalah pertemuan lanjutan pembicaraan yang diprakarsai PBB itu.

Topik diskusi adalah upaya menekan Iran untuk mengizinkan para pakar dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) bisa masuk ke lokasi pengembangan energi nuklir Iran. Sebagian besar negara-negara itu menduga Iran mengembangkan teknologi nuklir untuk persenjataan.

Iran sampai kini masih terkena sanksi embargo negara-negara sekutu. Ada pelarangan dari pihak sekutu membeli minyak Iran. Padahal, 80 persen pemasukan negara Iran berasal dari minyak.

PenulisJosephus Primus
EditorJosephus Primus

Close Ads X