Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Tertinggi di Dunia Dibuka

Kompas.com - 23/05/2012, 04:54 WIB

Berukuran 634 meter, dua kali tinggi Menara Eiffel, menara tertinggi di dunia Tokyo Skytree dibuka untuk umum, Selasa (22/5). Ribuan pengunjung berbondong-bondong mencoba atraksi paling baru di ibu kota Jepang itu.

Tiket untuk naik menara tertinggi itu sangat sulit didapat. Tiket perorangan telah terjual habis sampai pertengahan Juli sehingga pengunjung yang ingin naik harus menunggu setidaknya sampai musim panas.

Walau hujan turun, warga dan turis berkumpul di sekitar menara itu, serta di kompleks perbelanjaan dan hiburan di dekatnya yang dibuka pada hari yang sama. Sayangnya, mereka yang berharap mendapat pemandangan spektakuler dari anjung observasi setinggi 350 meter dikecewakan oleh cuaca.

”Saya telah menanti-nanti untuk datang ke sini,” kata Ayumi Nakazawa, yang memenangkan tiket ke upacara pembukaan menara itu, yang merupakan bangunan nomor dua tertinggi di dunia.

”Saya tidak bisa melihat pemandangannya (karena hujan), tetapi ini mengasyikkan,” kata Nakazawa kepada wartawan, setelah menjadi pengunjung resmi pertama ke anjung observasi.

Skytree diakui oleh lembaga pencatat rekor Guinness World Records sebagai menara tertinggi di dunia, mengalahkan Menara Canton di China yang tingginya 600 meter. Bangunan tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa di Dubai dengan 828 meter.

Pembangunan Tokyo Skytree tertunda setelah gempa bumi Maret 2011, yang memengaruhi pengiriman pasokan ke lokasi. Menara itu selesai 29 Februari 2012, dua bulan lebih lambat.

Menara tertinggi dunia itu akan memberi layanan bagi transmisi TV dan radio digital, di samping sebuah akuarium, teater, lembaga-lembaga pendidikan, dan fasilitas pemanasan dan pendinginan regional.

Tokyo Skytree juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan kota. Dua anjung observasi terbuka untuk umum, pada ketinggian 350 meter dan 450 meter. Anjung teratas menampilkan ”koridor udara”, koridor beralas kaca yang memungkinkan pengunjung berkhayal tengah berjalan di udara.

Kisi-kisi bagian luar menara ini dicat dengan warna yang secara resmi disebut ”Putih Skytree”, sebuah warna asli Jepang berdasarkan warna tradisional putih kebiruan.

Tingginya yang 634 meter dipilih agar mudah diingat. Angka 6 (mu), 3 (sa), 4 (shi) membentuk Musashi, nama lama kawasan itu. (AFP/AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com