Kamis, 17 April 2014

News / Internasional

Ibu Negara Perancis Dapat Tips dari Michelle Obama

Selasa, 22 Mei 2012 | 09:13 WIB

Baca juga

CHICAGO, KOMPAS.com - Valerie Trierweiler menjalankan tugas pertamanya sebagai ibu negara Perancis di mancanegara ketika mendampingi pasangan hidupnya, Presiden Francois Hollande dalam KTT G-8 dan KTT NATO di Amerika Serikat sejak Jumat pekan lalu.

Pada kesempatan itu, wartawati majalah Paris Match itu berkenalan dengan para ibu negara dari negara-negara anggota G-8 lainnya, salah satunya sang tuan rumah, Michelle Obama.

Trierweiler terang-terangan menyatakan terkesan pada Nyonya Obama dan mengaku mendapat tips dalam menjalankan peran sebagai ibu negara. Trierweiler ingin menjadi seorang duta persamaan.

"Yang menarik bagi saya, pada awalnya, adalah anak-anak, kesempatan yang sama," katanya setelah mengunjungi sebuah sekolah Perancis di Chicago, tempat KTT NATO digelar.

"Ada sebuah harapan dan kami mendapat banyak surat dari berbagai asosiasi. Saya mempelajarinya, sedikit demi sedikit," kata perempuan yang mendapat cibiran karena tidak menikah dengan Hollande meskipun sudah hidup bersama sejak 2007.

Ibu tiga anak remaja dari dua pernikahan terdahulu itu menegaskan niatnya untuk terus berkarier sebagai jurnalis sambil menjalankan peran sebagai perempuan nomor satu Perancis.

"Saya sudah tidak lagi menjadi wartawan politik, tapi saya berharap tetap terus (menjadi wartawan)," kata perempuan 47 tahun itu.

Trierweiler mengaku sangat terkesan pada pertemuan pertamanya dengan Michelle Obama, yang menerima dia dan para istri pemimpin G-8 di Gedung Putih pekan lalu.

"Dia merupakan satu dari orang-orang yang paling mengesankan dalam hidup saya," ujarnya.

"Dia (Michelle) adalah sosok yang luar biasa dan memiliki kharisma mengagumkan. Saya rasa dia juga bisa merintis karier politik," lanjutnya, seraya menyatakan terima kasihnya pada sang tuan rumah atas "sambutan hangat" dan "masukan berharga" tentang peran sebagai ibu negara.


Editor : Kistyarini
Sumber: