Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheikh Uni Emirat Arab Hapus Utang Warganya

Kompas.com - 20/05/2012, 22:22 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ABU DHABI, KOMPAS.com - Warga Negara di Uni Emirat Arab (UEA) yang kesulitan dalam melunasi pinjamannya hingga ratusan ribu dollar AS, bakal tak perlu lagi pening untuk melunasinya. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, presiden egara federasi di Teluk Persia itu, akan segera menghapus utang warganya.

Kantor berita WAM sebagaimana dikutip kantor berita AP, Minggu (20/5/2012) melaporkan, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan mengeluarkan perintah untuk menghapus utang pribadi warganya yang terbukti gagal bayar. Utang yang siap dihapus ini mencapai nilai 5 juta dirhams atau sekitar 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 14 miliar).

Pengampunan utang yang ditawarkan Sheikh Jhalifa bin Zayed al Nahyan ini, juga meliputi warga negara yang telah ditahan karena gagal bayar. Hal itu juga berlaku pada warga negara yang utangnya dalam peninjauan atau penjadwalan kembali. Debitur di UEA menghadapi hukuman penjara, jika gagal membayar utangnya.

Pemimpin di UEA secara priodik selalu mengampuni atau membatalkan utang warganya. Pengampunan utang yang sama, juga pernah dilakukan bulan Januari lalu meliputi ribuan warga Emirat yang dengan utang hingga 1 juta dirhams atau sekitar 272.480 dollar AS per orang.

 

Penghapusan utang ini diterapkan pemerintah, menyusul merebaknya aksi protes Musim Semi Arab yang berlangsung di sejumlah negara di Timur Tengah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com