Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekati Camp David, Dua Cessna Dicegat F-15

Kompas.com - 19/05/2012, 23:51 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Dua pesawat ringan Cessna 172 yang terbang mendekati wilayah udara Camp David, tempat Presiden AS Barack Obama dan tujuh pemimpin negara maju lainnya sedang berkumpul, dicegat oleh pesawat tempur F-15 Eagle Angkatan Udara AS, Jumat (18/5/2012) petang waktu setempat.

Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD), yang bertanggung jawab atas keamanan wilayah udara AS dan Kanada, menyatakan, dua pesawat ringan itu tak bisa dikontak melalui jalur komunikasi radio saat mendekati kawasan Camp David di Maryland, AS.

NORAD pun langsung mengerahkan pesawat-pesawat tempurnya untuk mencegat dua Cessna tersebut. Pesawat pertama berhasil dicegat oleh satu F-15 pada pukul 19.03 (06.03 WIB hari Sabtu, 19/5/2012), dan pesawat kedua dicegat oleh satu F-15 serta satu helikopter HH-60 Black Hawk pada pukul 19.17 (06.13 WIB).

Pesawat pertama digiring keluar dari wilayah larangan terbang di sekitar Camp David dan mendarat di Bandara York, Pennsylvania. Sedangkan pesawat kedua diperintahkan mendarat di sebuah landasan rumput di Pennsylvania.

Dua pilot pesawat ringan itu langsung ditahan dan diinterogasi oleh pihak berwajib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com