Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli DNA Rusia Tak Pengaruhi Proses Identifikasi

Kompas.com - 18/05/2012, 15:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Diseaster Victim Identification (DVI), Kombes Anton Castilani menegaskan kehadiran profesor ahli DNA (Deoxiribo Nukleid Acid) asal Rusia, Alexandr Ivanov tidak memiliki pengaruh berarti terhadap percepatan identifikasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100.

"Tidak lah, ini kan kolaborasi, kami perlu meyakinkan mereka apa yang kita lakukan disini kita kerjakan sesuai SOP yang berlaku," ujarnya usai konferensi pers di aula RS Polri, Jumat (18/5/2012).

Sebelumnya, kedatangan ahli DNA asal Rusia tersebut merupakan salah satu bentuk nyata pembicaraan kerjasama antara Presiden SBY dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Anton melanjutkan, ahli DNA Rusia tersebut bertugas bersama 12 orang Indonesia di laboratorium DNA Mabes Polri di daerah Cipinang, Jakarta Timur sejak dua hari lalu.

"Mereka punya tugas masing-masing, ada yang bertugas sampling, ekstraksi, dan lain sebagainya, kita berkoordinasi," lanjutnya.

Sementara untuk kepastian masa kerja ahli DNA tersebut, Agus tidak dapat memastikan hal tersebut. "Tergantung mereka, mungkin sampai selesai," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com