Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Militer Pakistan Tabrakan di Udara, 4 Pilot Tewas

Kompas.com - 17/05/2012, 22:55 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Dua pesawat latih MFI-17B Mushshak milik Angkatan Udara Pakistan, bertabrakan di udara saat menjalankan misi latihan di kawasan Rashkai, sekitar 160 kilometer sebelah barat laut Islamabad, Kamis (17/5/2012). Empat pilot pesawat tersebut tewas seketika.

"Dua pesawat latih AU Pakistan bertabrakan di udara. Empat pilot tewas, dua adalah pilot kadet dan dua lagi instruktur mereka," ungkap perwira kepolisian setempat, Mohammad Hussain.

Menurut Hussain, salah satu pesawat berkursi ganda itu jatuh menimpa rumah penduduk, melukai seorang anak perempuan dan seorang pria tua. Sementara pesawat kedua jatuh di ladang tak jauh dari rumah tersebut.

Mushshak adalah pesawat latih bermesin baling-baling yang diproduksi di Pakistan berdasarkan lisensi dari pabrikan Saab, Swedia, dan merupakan pengembangan dari pesawat latih Saab Safari. Buku Military Balance 2010 menyebutkan, AU Pakistan masih mengoperasikan 80 unit pesawat MFI-17B tersebut.

Ini adalah kecelakaan udara kedua yang melibatkan pesawat AU Pakistan dalan sepekan terakhir, setelah satu pesawat tempur jatuh di dekat kota Sonmiani di Pakistan barat daya, Jumat pekan lalu. Pilot pesawat tempur itu berhasil mengaktifkan kursi pelontar dan mendarat dengan selamat. (AFP/AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com