Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, Jerapah Betina untuk Tofik

Kompas.com - 15/05/2012, 23:27 WIB
Pieter P Gero

Penulis

WARSAWA, KOMPAS.com — Pengelola kebun binatang di Lodz, Polandia Tengah, kini sibuk mencari jerapah baru bagi Tofik, jerapah jantan yang kini "menduda" karena dua jerapah betina mati sejak hari Minggu lalu.

Dua jerapah betina ini mati karena sejumlah perusuh diketahui merusak kandang jerapah, yang membuat dua hewan betina ini mati.

Pihak pengelola kebun binatang di Lodz, Selasa (15/5/2012), sebagaimana dikutip kantor berita AP, menyatakan, para perusuh atau pengacau menerobos kandang jerepah pada Sabtu malam lalu.

Perusuh yang belum diketahui identitasnya ini merusak tanda serta melemparkan bangku-bangku dan kaleng sampah ke kandang sehingga membuat jerapah-jerapah ini berlari ketakutan.

Barbara Wicinska, pejabat kebun binatang, menegaskan, satu dari jerapah betina itu mati pada Minggu dini hari. Pemeriksaan menunjukkan, jerapah ini mati karena stres. Sementara jerapah betina lainnya mati pada Senin dini hari, juga diduga karena stres.

Kepala Kebun Binatang, Wlodzimierz Stanislawski, menegaskan, pihaknya harus mencari pasangan jerapah betina bagi Tofik yang kini menduda karena ditinggal dua jerapah perempuan. Mereka kini mencari jerapah perempuan dari sejumlah kebun binatang yang ada di seluruh Eropa. Seperti dua betina yang mati, Tofik merupakan jerapah jenis Rothschild yang termasuk langka.

"Ini tugas berat karena tidak banyak jerapah jenis ini di kebun binatang di Eropa. Namun, kami harus segera bisa menemukan jerapah betina ini," ujar Stanislawski.

Sementara itu, otoritas kota Lodz dan Garda Binatang Nasional Polandia menawarkan hadiah 5.000 zloty atau sekitar Rp 13 juta bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi atau petunjuk pelaku perusakan pada kebun binatang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com