Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Dublin Beri Tambahan Keamanan Ekstra

Kompas.com - 15/05/2012, 21:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Bandar udara Dublin memberlakukan langkah keamanan tambahan setelah gagal dalam sejumlah pemeriksaan dalam audit Uni Eropa guna menilai kepatuhannya pada peraturan keamanan, kata menteri perhubungan Irlandia, Selasa (15/5/2012). Akan diperlukan waktu dua bulan bagi pemberlakukan peraturan baru tersebut.
   
Selama masa itu, para penumpang yang terbang dari Dublin ke bandar udara lain Eropa dan berganti pesawat untuk penerbangan jarak jauh akan diharuskan menjalani pemeriksaan keamanan lagi di semua bandar udara tersebut, kata Leo Varadkar.
   
Pengelola Bandar Udara Dublin (DAA) mengatakan di dalam satu pernyataan audit keamanan itu telah mengidentifikasi sedikit masalah yang mengharuskan perbaikan demi kepuasan auditor.
   
"Salah satu masalah ini tetap menonjol dan rata-rata bisa diperlukan waktu dua bulan untuk menangani masalah terkait," kata DAA sebagaimana dikutip AFP, Selasa malam.
   
Vadrakar, yang mengunjungi bandar udara tersebut pada Senin kemarin. Ia mengatakan dua kekurangan telah ditemukan. "Yang pertama telah diselesaikan sementara yang satu lagi memerlukan perhatian tapi tak mempengaruhi pemeriksaan penumpang atau penanganan bagasi di bandar udara," katanya meski tak memberi perincian lebih lanjut mengenai masalah itu.
   
Ia menyatakan bandar udara tersebut akan menerapkan prosedur pendukung guna menangani masalah kedua dalam jangka pendek. Sementara, penyelesaian jangka panjang diterapkan dan keamanan bandar udara dipertahankan.
   
"Prosedur tambahan ini diperkirakan takkan memiliki dampak besar pada penumpang di bandar udara Dublin, kecuali mereka pindah melalui bandar udara lain UnI Eropa dalam perjalanan ke tujuan akhir mereka. Dalam kasus ini, mereka akan diharuskan menjalani pemeriksaan keamanan lagi," kata Varadkar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com