Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Iklan, Kapten Argentina Gagal ke Olimpiade

Kompas.com - 10/05/2012, 07:26 WIB

LONDON, Kompas.com - Kapten timnas hoki Argentina, Fernando Zylberberg terancam tidak ikut ke Olimpiade London menyusul video kontroversial yang dibuat di kepulauan Falkland atau Malvinas.

Video iklan yang menggmabarkan Zylberberg berlatih di tanah Falkland atau Malvinas mendapat sorotan keras di Inggris karena mencantumkan tulisan, "Bertanding di tanah Inggris, kami berlatih di tanah Argentina."

Kepulauan Falkland atayu Malvinas dalam versi Argentina telah diperebutkan kedua negara sejak lama. Pada 1982 kedua negara terlibat perang terbuka setelah tentara Argentina menyerbu dan menduduki kepulauan tersebut.

Penayangan video ini mendapat kecaman keras di Inggris. Menteri pertahanan Phillip nHammond serta veteran perang Falkland, Simon Weston menyebut hal itu sebagai hal yang pengecut.

Presiden Argentina, Christina Kirchner sempat mengatakan bahwa penayangan iklan tersebut menggambarkan perasaan rakyat negaranya.

Namun Zylberberg terancam dicoret dari tim hoki Argentina ke Olimpiade London. Pemain veteran yang pernah bermain di Olimpiade 2000 dan 2004 ini tidak disertakan dalam tim Argentina yang melakukan uji coba di turnamen Piala Shah Alam di Malaysia yang juga diikuti timnas Inggris.

Nasib sial yang dialami Zylberberg disesali pihak agensi pembuatnya. "Absennya Fernando jelas sangat disayangkan. Sulit sekali membayangkan pembuatan propaganda yang memperlihatkan seorang atlet Olimpiade berlatih justru membuat atlet tersebut gagal ke Olimpiade."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com