Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamu Tengah Malam Itu... Osama bin Laden!

Kompas.com - 02/05/2012, 13:35 WIB

Apa yang terjadi jika tamu kejutan saat makan malam Anda ternyata orang yang paling dicari di dunia? Satu tahun setelah kematian Osama Bin Laden, dua warga Pakistan menceritakan kepada wartawan BBC, M Ilyas Khan, bagaimana mereka pernah menjadi tuan rumah untuk suatu kesempatan makan malam bagi pemimpin Al Qaeda itu.

Pada suatu malam di musim panas 2010, di pinggiran wilayah Waziristan di barat laut Pakistan, sejumlah orang dari sebuah keluarga suku lokal menunggu dengan gelisah kedatangan tamu yang identitasnya tidak mereka ketahui.

Mereka sudah diberitahu tentang kunjungan itu beberapa minggu sebelumnya, oleh seseorang yang mereka gambarkan hanya sebagai "orang penting". Mereka tidak diberi tahu siapa nama sang tamu. Waktu tepatnya kedatangan tamu itu pun baru disampaikan kepada mereka beberapa jam sebelum si tamu datang.

Sekitar pukul 23.00, ketika dunia di sekitar mereka sedang terlelap, mereka mendengar deru kendaraan mendekat. "Belasan jeep besar beroda empat melaju ke kompleks itu," kenang seorang penatua keluarga itu yang telah setuju untuk menceritakan kisah itu kepada wartawan BBC tersebut. "Mereka tampak berkumpul dari arah yang berbeda."

Salah satu kendaraan jenis 4x4 melaju ke dekat beranda. Dari kursi belakang muncul seorang pria tinggi dan tampak rapuh. Dia memakai jubah panjang dan sorban putih. Para tuan rumah yang sedang menunggu itu tidak mempercayai penglihatan mereka. Yang berdiri di depan mereka itu tak lain Osama Bin Laden, orang yang paling dicari di dunia.

"Kami mendadak bisu," kata penatua itu. "Dia adalah orang terakhir yang kami harapkan muncul di depan pintu kami."

Osama berdiri di samping kendaraan untuk beberapa saat, berjabatan tangan. Penatua itu mengatakan, dia mencium tangan Osama sebagai sebuah sikap hormat.

Masih menurut penatua tersebut, Osama lalu  meletakkan tangannya dengan lembut ke bahu salah satu asistennya, berjalan ke ruang yang mereka siapkan baginya. Penduduk desa tidak ada yang mengikuti dia masuk. Hanya beberapa pria pengikutnya yang menemani dia.

Kunjungan tengah malam itu terjadi tepat setahun sebelum Osama tewas dalam operasi rahasia Navy Seals AS di kota garnisun Abbottabad, Pakistan, yang terletak sekitar 300 kilometer di timur laut tempat suku terpencil tersebut. Kejutan akan kematiannya itu memicu salah seorang mantan tuan rumah tersebut memberitahu teman-teman dekatnya tentang kunjungan tak terduga itu. Wartawan BBC, M Ilyas Khan, sengaja datang untuk mengetahui kisah tersebut.

Menurut Khan, setelah sejumlah bujukan, ia akhirnya bisa berbicara dengan dua orang dari sejumlah orang yang bertemu Osama pada malam itu. Keduanya mengajukan syarat, nama mereka dan tempat mereka tetap dirahasiakan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com