Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Obama Mencandai Semua Orang...

Kompas.com - 30/04/2012, 08:05 WIB

Disambut sorakan bintang Hollywood, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengejek Mitt Romney, pesaingnya dalam pemilu presiden AS, November mendatang. Sasaran gurauan Obama pada Santap Malam Bersama Asosiasi Wartawan Gedung Putih, Sabtu (28/4), tidak hanya Romney, tetapi juga Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, jutawan Donald Trump, dan Dinas Rahasia.

Santap malam adalah ajang sosial terbesar bagi media di Washington. Acara tahunan ini memberi kesempatan bagi para Presiden AS untuk memperlihatkan sisi ringan mereka. Sekitar 2.500 wartawan, selebritas, dan politisi menikmati acara itu, termasuk mantan Menlu Colin Powell, aktor George Clooney, aktris Reese Witherspoon, dan sutradara Steven Spielberg.

Saat tiba giliran bicara, Obama mengenang acara serupa tahun lalu yang berlangsung saat pasukan khusus Navy SEALS dikirim untuk menangkap dan membunuh Osama bin Laden.

”Tahun lalu, persis pada akhir pekan ini, kita akhirnya memberikan keadilan pada individu paling terkenal karena nama buruknya di dunia,” kata Obama. Alih-alih wajah Osama, yang muncul di layar raksasa adalah wajah Donald Trump, yang pernah mempersoalkan keabsahan akta kelahiran Obama.

Presiden AS itu juga mencandai Hillary Clinton. Dua pekan lalu, Clinton menjadi pembicaraan setelah muncul fotonya sedang minum-minum dan berdansa di sela gelaran KTT Amerika di Cartagena, Kolombia.

”Empat tahun lalu, saya berlibat dalam pertarungan sengit di pemilihan pendahuluan dengan Hillary Clinton,” katanya. ”Empat tahun kemudian, dia terus saja mengirimi saya SMS saat mabuk dari Cartagena.”

Obama tak lupa menyindir ulah para pengawalnya di KTT tersebut yang mempermalukan presiden dalam skandal dengan pekerja seks komersial setempat. ”Sebenarnya saya punya banyak bahan yang sudah disiapkan, tetapi saya harus menyuruh mereka pulang sekarang dengan jam malam yang baru,” katanya.

Meski bukan kampanye, acara itu juga dimanfaatkan Obama untuk mengejek Romney.

”Saya tidak akan menyerang kandidat Partai Republik mana pun. Misalnya Mitt Romney; dia dan saya sebenarnya punya banyak kesamaan,” katanya, sambil mengatakan bahwa mereka berdua tertinggal dari istri masing-masing dalam jajak pendapat nasional. ”Kami berdua punya gelar dari Harvard. Saya punya satu, dia punya dua. Snob sekali,” kata Obama.

Gurauannya itu membuat mantan Senator Pennsylvania Rick Santorum nyengir dan mengacungkan jempol. Santorum sempat bersaing dengan Romney menjadi kandidat presiden dari Partai Republik sebelum mundur awal bulan ini. Dalam kampanyenya, Santorum pernah menyebut Obama snob karena mendorong pelajar AS belajar hingga perguruan tinggi.

Romney tak hadir dalam acara itu saat Obama juga mengejek Romney yang pernah membawa anjingnya dalam kandang yang ditaruh di atas mobil. Saat Obama berbicara, di layar ada gambar pesawat Air Force One dengan kandang anjing terikat di atasnya.

Obama tak lupa mencandai dirinya sendiri. Di layar muncul wajahnya empat tahun lalu, dan wajahnya saat ini dengan rambut yang mulai beruban. ”Empat tahun lagi saya akan seperti ini,” ujarnya, saat layar menampilkan wajah aktor gaek Morgan Freeman. ”Ini bahkan tidak lucu,” ujarnya, sambil tergelak. (AP/Reuters/AFP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com