Jumat, 31 Oktober 2014

News / Internasional

Kerja Sama

Tentara AS dan Filipina Getol Perang-perangan

Rabu, 25 April 2012 | 19:07 WIB

KOMPAS.com - Bukan sekadar olah raga bersama antara dua kubu tentara, AS dan Filipina di Palawan. Kerja sama perang-perangan antara keduanya adalah bagian untuk meredam ketegangan di Laut China Selatan.

Permainan sekitar 100 serdadu asal kedua negara itu amat sederhana. Ada 12 perahu karet dilepas sekitar 4-5 mil dari lepas pantai Ulugan. Lalu, sekitar 300 meter dari bibir pantai, para serdadu di perahu-perahu karet itu menceburkan diri ke laut untuk berenang saling mendahului ke sasaran tertentu yang disebut sebagai markas teroris. Pemenangnya bakal mendapat ganjaran hadiah. "Olah raga bersama ini bagian dari kerja sama militer Balikatan antara AS dan Filipina," kata Letnan Angkatan Laut (AL) Annalea Palad-Cazcarro dari Filipina.

Olah raga bersama antara kedua kekuatan bersenjata itu memang bukan hal baru. Pasalnya, pada Sabtu lalu, kegiatan itu juga berlangsung di kawasan pantai Filipina yang menghadap Laut China Selatan.

Sementara, saat menjawab pertanyaan media, sebagaimana warta Xinhua pada Rabu (25/4/2012), Cazcarro mengatakan kalau kegiatan tersebut adalah latihan tahunan reguler. "Tidak ada kaitannya latihan perang-perangan kami dengan negara lain," katanya terkesan diplomatis.

Sementara itu, terkait kerja sama Balikatan tadi, kedua kubu sudah melakukan lima kali latihan menembak di kawasan Crow Valley di Capaz, Provinsi Tarlac di utara Filipina. Menurut rencana, latihan perang itu akan usai pada Jumat (27/4/2012).

Di kawasan Laut China Selatan, Filipina memang tengah berselisih paham dengan China. Sempat terjadi insiden pengusiran oleh AL China terhadap kapal patroli AL Filipina.


Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus