Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Malang Mulai Diserang Flu Singapura

Kompas.com - 24/04/2012, 21:28 WIB
Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Warga Kota Malang, Jawa Timur, mulai diserang wabah flu singapura. Sejak Selasa (24/4/2012),  ada satu orang yang terjangkit penyakit tersebut. Warga yang terjangkit tersebut bernama Novi Indah Kurniawati (25), warga Kelurahan Merjosari, Kota Malang. Ceritanya, Novi mengalami gejala berupa mual, muntah, dan nafsu makan berkurang. "Saat saya pulang kerja, malam hari, tubuh saya kedinginan," katanya.

Setelah menjalani perawatan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Aisiyah diketahui  Novi positif mengidap penyakit flu singapura. Beruntung, Novi segera berobat sehingga langsung menjalani pengobatan dan pertolongan pertama. Dengan demikian, Novi cukup menjalani pengobatan rawat jalan.

Menurut Novi, dirinya merasakan telapak tangan dan kaki gatal terus. Adapun tenggorokan kering, radang tenggorokan, dan pembengkakan amandel. "Alhamdulillah, sekarang saya sudah bisa kerja lagi," kata perempuan yang bekerja sebagai kasir di sebuah perbankan di Kota Malang.

Namun, setiap hari, Novi harus terus menggunakan masker, kaos kaki dan tangan selama bekerja. "Semoga bisa cepat sembuh," kata perempuan yang enggan diambil gambarnya itu.

Menurut, dokter Budi Dharmawan, yang merawat Novi sejak awal, Novi itu tak perlu rawat inap karena suhu badan mulai berangsur turun dan tak disertai diare. "Sehingga, tak ada kegawatan dan pasien bisa kembali bekerja. Cukup istirahat dan menjaga daya tahan tubuh saja," katanya.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Enny Sekar Rengganingati mengatakan, untuk kasus flu singapura adalah pertama di Kota Malang. Flu singapura yang juga dikenal dengan penyakit kuku tangan mulut disebabkan virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae.

"Kalau terjangkit penyakit itu harus cegah kontak dengan orang lain agar tak menular. Sejak hari ini, dinas kesehatan akan langsung menggelar penyuluhan untuk mencegah penularan," kata Enny.

Penyuluhan itu antara lain menjaga kebersihan, mencuci tangan, membersihkan hidung, dan membersihkan seluruh bagian tangan dan kaki, terutama kuku yang menjadi sarang kuman. "Selain itu, juga diharapkan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Caranya, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi," ujarnya.

Adapun gejala awal flu singapura, lanjut Enny, tubuh mengalami demam, disertai sakit leher, nafsu makan menurun, pilek, ruam di mulut, tangan, dan kaki. "Kadang demam tinggi hingga lebih dari 38 derajat celsius, disertai sesak napas, kejang-kejang, sariawan di rongga mulut." tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com