Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Industri Perminyakan Iran Diserang

Kompas.com - 24/04/2012, 17:14 WIB

Pemerintah Iran menegaskan akan melakukan penyelidikan atas serangan internet terhadap sistem komputer dalam industri perminyakannya.

Mereka terpaksa menutup jaringan komputer dan internet di sejumlah fasilitas minyak utama, antara lain di Pulau Kharg, karena mendapat serangan internet pada hari Minggu (22/4/2012) malam.

Tindakan itu dilakukan untuk berjaga-jaga dan tidak sampai memengaruhi produksi minyak Iran.

Kantor berita Mehr melaporkan, virus komputer telah menyerang sistem komputer di Kementerian Perminyakan Iran dan perusahaan minyak nasional negara itu.

Situs internet Kementerian Perminyakan Iran sudah berfungsi kembali hari ini, Senin 23 April. Namun, situs perusahaan-perusahaan minyak masih belum bisa dibuka.

Seorang juru bicara Kementerian Perminyakan mengatakan bahwa data tentang pengguna situs dicuri dalam serangan tersebut.

Namun, data utama tentang industri perminyakan Iran aman karena berada dalam jaringan komputer yang terpisah dari internet.

Terminal minyak di Pulau Kharg menangani sekitar 89 persen dari total ekspor minyak Iran.

Pemerintah Iran sudah membentuk sebuah komite untuk menangani kasus-kasus serangan internet dan meningkatkan pengamanan.

Komite dibentuk setelah serangan internet pada tahun 2010 oleh virus yang diberi nama Stuxnet dengan sasaran program nuklir negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com