Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan: 1.200 Tentara Sudan Selatan Tewas

Kompas.com - 23/04/2012, 15:13 WIB

HEGLIG, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 tentara Sudan Selatan tewas dalam pertempuran demi Heglig, ladang minyak terbesar Sudan, kata komandan angkatan bersenjata Sudan, Senin (23/4/2012).

"Jumlah yang terbunuh dari SPLA (Tentara Pembebasan Rakyat Sudan Selatan) adalah 1.200," kata Kamal Marouf saat memberi sambutan di hadapan sekitar 2.000 tentara di kota Heglig.

Pemerintah Sudan tidak mengungkap jumlah tentaranya yang terbunuh dalam operasi itu. Dalam 10 hari pendudukannya atas Heglig, militer Sudan Selatan mengatakan 19 tentaranya tewas, sementara Sudan kehilangan 240 tentaranya.

Sudan tidak mengizinkan jurnalis atau pengamat lain untuk masuk wilayah Heglig selama ketegangan dengan Selatan, yang pada Minggu (22/4/2012) mengatakan telah menyelesaikan penarikan semua pasukannya dari kawasan itu.

Langkah itu menyusul diplomasi internasional yang intens untuk penarikan dua negara yang berada di tepi perang yang lebih besar.

Khartoum mengklaim sudah mengalahkan Sudan Selatan dan memaksa tentaranya keluar.

Sudan Selatan menduduki ladang minyak itu pada 10 April, berbarengan dengan gelombang serangan udara terhadap wilayahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com