Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thein Sein: Tidak Ada Perubahan Sumpah Jabatan

Kompas.com - 23/04/2012, 12:18 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Myanmar Thein Sein menyatakan tidak rencana perubahan pada sumpah jabatan seperti yang dituntut Aung San Suu Kyi dan partainya Liga Nasional untuk Demokrasi.

Thein Sein mengatakan pada wartawan di Tokyo, Jepang, Senin (23/4/2012), bahwa dia "menyambut" Suu Kyi ke parlemen. Namun, kata Sein, terserah pada pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu untuk duduk atau tidak di kursi parlemen yang dimenanginya awal April lalu.

Lebih lanjut, Sein menegaskan, proses demokratisasi di negaranya tidak akan mundur. "Tidak akan ada putar balik (dalam demokrasi)," tegas Sein yang melawat ke Jepang hingga Selasa (24/4/2012).

"Kami akan bekerja sama (dengan Aung San Suu Kyi) dalam menuju arah yang sama, demi kepentingan rakyat," paparnya.

Sein mengatakan, pintu terbuka lebar bagi Suu Kyi untuk masuk pemerintahan, namun dia yang harus memutuskan prioritas. Soal konstitusi yang tidak memungkinkan anggota parlemen untuk masuk kabinet, Presiden Thein Sein mengatakan, "Suu Kyi sendiri yang harus memutuskan."

"Dia seharusnya bekerja untuk rakyat, bukan untuk partainya," kata Sein seperti dikutip Jiji Press.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com