Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Bersama AL China-Rusia Dimulai Hari Ini

Kompas.com - 22/04/2012, 13:09 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com- China dan Rusia memulai latihan bersama angkatan laut hari Minggu (22/04/2012). Latihan, yang melibatkan lebih dari 20 kapal perang ini adalah latihan militer laut pertama yang digelar bersama oleh kedua negara.

Menurut kantor berita China News Service, latihan akan digelar enam hari di perairan Laut Kuning di lepas pantai timur China. Kapal-kapal perang Rusia sudah tiba di Pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, Sabtu (21/04/2012).

Kantor berita RIA Novosti menyebutkan, AL Rusia mengirimkan empat kapal perang, yang terdiri atas satu kapal penjelajah kelas Slava, Varyag, dan empat kapal perusak kelas Udaloy serta tiga kapal pendukung. Sementara China dilaporkan mengerahkan tak kurang dari 16 kapal permukaan dan dua kapal selam.

Yin Zhuo, pakar militer yang menjadi penasihat AL China, mengatakan, pengerahan kapal sebanyak ini dalam latihan militer China-Rusia belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kedua pihak akan melakukan pertukaran penting dalam hal taktik dan teknologi," tutur Yin kepada stasiun televisi nasional China.

Kedua negara menyatakan, latihan tersebut digelar untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan. "Latihan militer bersama ini sudah lama dijadwalkan antara China dan Rusia dalam rangka menegakkan perdamaian dan stabilitas kawasan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Liu Weimin.

Berbagai simulasi misi akan dilakukan dalam latihan ini, mulai dari latihan pertahanan udara, taktik antikapal selam, pengawalan kapal dagang, antiterorisme, pertolongan kapal yang dibajak perompak, sampai latihan pencarian dan penyelamatan.

China dan Rusia sudah menggelar beberapa kali latihan militer bersama sejak 2005. Namun, latihan kali ini merupakan latihan khusus angkatan laut pertama antara kedua negara.

Latihan tersebut juga digelar di tengah ketegangan teritorial yang terjadi di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. China memilik sengketa teritorial dengan Jepang dan Korea Selatan di Laut Kuning, dan beberapa negara Asia Tenggara di Laut China Selatan. Sementara Rusia masih berselisih dengan Jepang terkait Kepulauan Kuril.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com