Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda India dan Korea Utara?

Kompas.com - 21/04/2012, 05:42 WIB

Dua peristiwa yang hampir sama terjadi dalam waktu kurang dari seminggu di dua negara yang terletak tak terlalu jauh, tetapi memicu reaksi dunia yang sangat berbeda.

Korea Utara (Korut) meluncurkan roket Unha-3 (Galaksi-3), Jumat (13/4/2012). Secara resmi, pemerintah negara komunis tersebut mengatakan roket itu akan meluncurkan satelit sipil ke orbit.

Peluncuran itu memicu banjir kecaman dari seluruh dunia walau roket, yang diduga sebagai rudal jarak jauh terbaru Korut, itu meledak tak sampai tiga menit setelah meluncur. AS membatalkan rencana pengiriman bantuan pangan, sementara DK PBB mengancam akan memberikan sanksi baru.

India, jauh sebelum peluncuran rudal Agni V, Kamis (19/4/2012), terang-terangan menyatakan akan menguji coba rudal balistik baru, yang bisa membawa hulu ledak nuklir seberat satu ton lebih dan mampu menjangkau seluruh kota besar China.

Namun, tak satu pun kalimat protes muncul dari seluruh dunia. Bahkan, China dan Pakistan—musuh bebuyutan India—tak berkomentar banyak soal uji coba Agni V yang sukses.

Apa beda India dan Korut sehingga memunculkan reaksi yang sangat jauh berbeda?

”Yang jadi masalah bukan tombaknya, tetapi siapa yang memegang tombak. Korut adalah bangsa yang sering dikecam. Negara paria yang dikenal suka melanggar perjanjian nuklir. (Sementara) India muncul sebagai negara yang cukup bertanggung jawab,” tutur Rahul Bedi, pengamat pertahanan di India.

Perbedaan kontras

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney menyatakan, ada perbedaan kontras antara India dan Korut. Korut, lanjut Carney, sedang terkena berbagai sanksi dari DK PBB, sementara India tidak.

Menurut Bedi, India tak pernah menandatangani Traktat Nonproliferasi Nuklir (NPT) sejak awal sehingga mereka tak pernah melanggar aturan internasional itu. Korut telah meratifikasi NPT pada 1985, sebelum mengundurkan diri pada 2003.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com