Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Bertemu Noda di Gedung Putih 30 April

Kompas.com - 18/04/2012, 10:57 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda di Washington, 30 April, dalam pertemuan pertema mereka sejak peluncuran roket Korea Utara.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Selasa waktu setempat atau hari Rabu WIB menyebutkan, "Obama ingin membahas "masalah-masalah bilateral, regional, dan global lebih mendalam, termasuk Aliansi Keamanan AS-Jepang, persoalan perdagangan dan ekonomi, dan memperdalam kerja sama bilateral."

"Kedua pemimpin juga akan mendiskusikan masalah keamanan regional dan global," kata Carney dalam pernyataannya. Peluncuran roket Korea Utara termasuk dalam agenda pembahasan.

Pertemuan 30 April akan menjadi pembicaraan empat mata kedua antarkedua pemimpin, dan pertemuan pertama di Gedung Putih. Yoshihiko Noda menjadi PM Jepang Agustus 2011.

Pertemuan Obama-Noda sebelumnya dilakukan September tahun lalu di sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Korea Utara mengklaim peluncuran roketnya minggu lalu sebagai bagian dari peringatan kelahiran 100 tahun pemimpin Korea Utara Kim Il-Sung. Kini sang cucu, Kim Jong-Un yang mengambil alih kekuasaan di negeri itu.

AS dan sekutunya menyatakan, tes misil jarak jauh itu dilarang dalam resolusi PBB. Peluncuran roket itu gagal setelah roket hancur berkeping-keping dan jatuh ke laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com