Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Tahan Diplomat Saudi di Yaman

Kompas.com - 18/04/2012, 07:37 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Kelompok Al Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) menahan seorang diplomat Arab Saudi yang diculik bulan lalu di kota Aden, Yaman selatan, kata kantor berita kerajaan itu SPA, Selasa.

Seorang anggota Al Qaeda mengonfirmasikan dalam pesan telepon kepada dubes Arab Said di Sanaa bahwa kelompok itu "bertanggungjawab atas penculikan wakil konsul di Aden, dan mengatakan tuntutan mereka termasuk menyerahkan beberapa tahanan kepada anggota jaringan itu di Yaman," kata SPA.

Pada 28 Maret, seorang pejabat polisi di Aden mengatakan pria-pria bersenjata menculik wakil konsul Abdullah al-Khalidi di luar rumahnya. Arab Saudi segera mengonfirmasikan penculikan itu.

"Emir (pemimpin) jaringan itu... Nasser al-Wuhaishy... meminta saya menghubungi Anda," kata Meshaal al-Shadokhi kepada dubes itu, dalam percakapan telepon yang dikutip SPA.

Shadokhi menuntut pembebasan "semua" anggota jaringan itu yang ditahan di kerajaan itu, di antara mereka para tahanan wanita.

Ia menyebut nama-nama enam wanita, di antaranya Heula al-Qassir yang dikenal sebagai "Wanita Al Qaeda" karena yang menjadi wanita pertama di kerajaan itu diadili karena terlibat aksi kekerasan oleh jaringan garis keras itu.

Kelompok itu juga menuntut agar kerajaan itu membayar "uang tebusan yang akan disepakati kemudian," kata Shadokhi.

Penelepon itu juga mengancam bahwa "sekarang seorang konsul diculik, besok kedubes akan diledakkan dan kemudian pangeran (mungkin) dibunuh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com