Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikira Buaya Jadi-jadian, Seekor Iguana Dipukuli

Kompas.com - 16/04/2012, 13:58 WIB
Abdul Haq

Penulis

WAJO, KOMPAS.com — Seekor iguana dengan panjang satu meter di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, diikat dan menjadi tontonan warga karena dikira buaya jadi-jadian. Iguana yang kondisinya kini kritis lantaran dipukul pada bagian kepalanya dibiarkan begitu saja tanpa diberi makan. Salah seorang pegawai dinas pariwisata setempat yang turut datang juga tak mengetahui jika binatang ini adalah jenis iguana yang dilindungi.

Warga Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu  (14/4/2012), digegerkan dengan penemuan seekor iguana yang berkeliaran di permukiman warga. Iguana malang ini nyaris saja mati setelah sejumlah warga yang melihatnya berusaha membunuhnya dengan melempari batu dan benda lainnya.

Sejumlah warga setempat mengira iguana ini buaya jadi-jadian lantaran mereka tak pernah melihat binatang seperti itu sebelumnya. "Ini buaya jejadian yang sering makan anak-anak, harus dibunuh," ujar Ismail, salah seorang warga yang tinggal di pinggir Danau Tempe.

Seorang nelayan menyelamatkan iguana ini dari amukan warga dan mengikatnya. Puluhan warga berdatangan berkerumun menyaksikan binatang yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

"Saya kan lewat, saya lihat banyak orang lempari ini binatang, termasuk juga saya mau parangi ini. Tapi, saya lihat binatang ini tidak melawan, jadi saya tangkap baru saya ikat. Sampai sekarang saya tidak tahu binatang apa ini karena dibilang buaya bukan, dibilang kadal bukan juga. Jangan sampai ini binatang jejadian," ujar Ambo Andeng, tokoh nelayan setempat.

Lantaran geger soal binatang langka ini, salah seorang pegawai dinas pariwisata setempat akhirnya datang menyaksikan reptil malang tersebut. Ia juga tidak tahu bahwa hewan ini adalah iguana.

"Saya juga tidak tahu binatang apa ini karena di Wajo sendiri tidak ada binatang seperti ini. Mudah-mudahan ini bisa jadi obyek wisata di Wajo," kata dia.

Dalam catatan Kompas.com, iguana adalah sejenis kadal herbivora keluarga iguanidae yang berasal dari daerah Amerika Selatan dan Karibia. Hewan ini banyak dijadikan peliharaan eksotis karena sifatnya yang jinak, meski berwajah seperti monster Godzilla yang perlah difilmkan. Iguana yang banyak dipelihara ini adalah jenis green iguana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com