Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un: Militer Tetap Prioritas

Kompas.com - 15/04/2012, 14:17 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin muda Korea Utara, Kim Jong Un, memastikan kelanjutan peran dominan militer di negerinya itu, seperti yang juga diterapkan di masa kepemimpinan mendiang ayahnya, Kim Jong Il. Tidak hanya itu, Jong Un juga bersumpah untuk memperkuat prinsip

"Militer yang Utama", dengan menempatkan prioritas pertama, kedua, dan ketiga negeri itu untuk membangun kekuatan militernya.

Pernyataan itu disampaikan Jong Un, Minggu (15/4/2012), dalam pidato perdananya di depan publik, yang juga ditayangkan stasiun televisi negeri itu.

Jong Un tampak ingin menunjukkan dirinya tetap memegang kendali walau dua hari sebelumnya pemerintah negeri itu dibuat malu akibat kegagalan peluncuran roket jarak jauh, yang oleh negara lain disebut peluru kendali (rudal balistik).

Jumat kemarin, roket jarak jauh itu meledak dan pecah berkeping-keping di atas Laut Kuning, tak lama setelah diluncurkan. Dalam kemunculannya di depan puluhan ribu massa yang berkumpul dalam peringatan hari lahir pendiri negeri itu, Kim Il Sung, Jong Un tampak santai berbicara dengan sejumlah pejabat militer lain di podium. (AP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com