Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing 777 Korean Air Diancam Bom

Kompas.com - 12/04/2012, 05:59 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com — Pesawat penumpang milik maskapai penerbangan Korean Air terpaksa didaratkan di pangkalan militer di Kanada barat, Rabu (11/4/2012), menyusul adanya telepon gelap yang menyatakan ada bom di pesawat tersebut.

Pesawat yang berangkat dari Vancouver, Kanada, tujuan Seoul, Korea Selatan, itu lantas dialihkan ke pangkalan udara Comox di Pulau Vancouver pada tengah malam, dengan dikawal dua jet tempur AS. Di lokasi tersebut, pesawat mendapat pemeriksaan ketat dari aparat setempat.

Pihak Korean Air mengatakan, semua penumpang dan awak yang berjumlah 146 orang pun diperiksa. Setelah itu mereka diinapkan di dua hotel di Pulau Vancouver. Sementara bagasi serta barang-barang lain diteliti. "Setelah selesai pemeriksaan bagasi dan barang, pemeriksaan pesawat akan dilakukan," demikian disebutkan dalam siaran pers maskapai tersebut. Jadwal penerbangan pun masih menunggu rampungnya proses pemeriksaan di Vancouver.

Awalnya, seorang penelepon gelap menghubungi kantor Korean Air di Amerika Serikat, 25 menit setelah pesawat jenis Boeing 777 itu lepas landas. Pesawat lantas diperintahkan mendarat di pangkalan udara sekitar 110 kilometer barat laut Vancouver. Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) mengerahkan dua pesawat tempur F-15 dari Portland, Oregon, untuk mengawal pesawat itu hingga ke tempat pendaratan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com