Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Peluncuran Roket Korut, Indonesia Prihatin

Kompas.com - 12/04/2012, 00:48 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kembali menyatakan keprihatinannya atas rencana peluncuran roket pembawa satelit observasi milik Korea Utara. Peluncuran roket ini diyakini menciptakan kondisi yang tidak kondusif di Semenanjung Korea.

"Rencana ini juga menimbulkan instabilitas. Kita berharap rencana ini tidak justru memperumit atau membuat kondisi di Korea semakin kompleks," kata Marty kepada para wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/4/2012). Pemerintah Indonesia akan mengikuti secara terus-menerus rencana peluncuran roket tersebut.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri AS Kurt Campbell memperkirakan, rudal tersebut akan jatuh di sekitar perairan Indonesia, Australia, dan Filipina. Pada Rabu ini, Korea Utara mengatakan, segala persiapan akhir menjelang peluncuran telah selesai dilakukan, termasuk pengisian bahan bakar. Peluncuran roket dijadwalkan dilakukan antara Kamis (12/4/2012) hingga Senin (16/4/2012).

Direktur fasilitas pengawasan dan pengendalian peluncuran satelit yang berada 20 kilometer barat laut Pyongyang, Paek Chung Hou, menyatakan, pihaknya yakin peluncuran akan berjalan sukses. "Kami yakin ini akan berjalan sukses," kata Paek Chung.

Tentang waktu peluncuran, Paek Chung Hou mengatakan, pihaknya masih menunggu kepastian jam peluncuran. Peluncuran roket tersebut dalam rangka memperingati 100 tahun kelahiran mendiang pendiri Korut, Kim Il Sung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com