Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Mulai Isi Bahan Bakar Roket

Kompas.com - 11/04/2012, 15:57 WIB

Pemerintah Korea Utara mengatakan tengah mengisi bahan bakar roket yang akan diluncurkan pekan ini. Kepala Pusat Kendali Satelit Komite Teknologi Angkasa Luar Korea Paek Chang-ho mengatakan pengisian bahan bakar dilakukan bertepatan dengan saat dirinya berbicara.

"Pada saat kita berbicara ini, kami sedang mengisi bahan bakar," kata Chang-ho kepada rombongan wartawan asing di luar ibukota Pyongyang.

Namun, Chang-ho tidak memberikan jadwal rinci peluncuran roket itu, dia hanya mengatakan peluncuran akan dilakukan antara 12-16 April. "Dan soal waktu peluncuran, itu akan diputuskan para atasan saya," tambah Chang-ho.

Para wartawan asing dibawa ke pusat peluncuran satelit Sohae di Tongchang-ri di sebelah utara negeri itu untuk melihat persiapan akhir.

Kritik keras

Pyongyang selalu mengatakan bahwa roket ini hanya membawa satelit, namun sejumlah negara menduga peluncuran itu adalah uiji coba misil jarak jauh. Negara-negara tetangga Korea Utara yang kemungkinan akan dilintasi roket itu telah melakukan berbagai persiapan.

Korea Selatan dan Jepang bahkan mengancam akan menembak jatuh roket itu jika mengancam wilayah kedua negara itu.

Sementara Filipina mulai mengalihkan rute penerbangan dan pelayarannya.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan jika Korut menginginkan kedamaian dan masa depan yang lebih baik untuk rakyatnya, maka negeri itu sebaiknya membatalkan rencana peluncuran roketnya.

Clinton menambahkan peluncuran roket itu merupakan ancaman langsung terhadap situasi keamanan regional. Selain peluncuran roket, Korea Utara juga menyiapkan festival besar untuk memperingati 100 tahun Kim Il Sung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com